Hasil Pertandingan Persija vs Bali United, Macan Kemayoran Belum Dapat Bangkit Dari Keterpurukan

Persija Jakarta harus menelan pil pahit kala menjamu Bali United pada laga lanjutan Liga 1 pekan ke-16, Selasa (17/07/18) malam WIB. Dalam laga yang dihelat di Stadion Sultan Agung, Bantul itu Macan Kemayoran takluk dengan skor 2-0. Padahal, Persija mendominasi sepanjang 90 menit. Namun karena penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka kerap kesulitan cetak gol. Sebaliknya, Bali United justru lebih efektif dalam melakukan serangan. Hanya mengandalkan serangan balik, mereka mampu memanfaatkannya menjadi gol.
Tambahan tiga poin membuat Bali United merangsek ke posisi tujuh pada tabel klasemen sementara, dengan 23 poin. Sedangkan Persija, turun ke posisi kesepuluh dengan koleksi 22 poin.

Persija mendulang peluang emas pada menit ke-12. Umpan silang kiriman Riko Simanjuntak dari sayap kanan dituntaskan Osas Saha yang berdiri di sektor kiri kotak penalti dengan sundulan. Sayangnya, bola hasil tandukan sang striker menyamping saka di kanan gawang. Di menit ke-18, Persija kembali menebar ancaman, namun gol gagal tercipta karena kiper Bali United, Wawan Hendrawan tampil apik. Sang penjaga gawang memblok bola hasil tendangan voli Riko Simanjuntak dari jarak dekat yang mengarah tepat ke sisi kiri gawang.

Alih-alih unggul, Macan Kemayoran justru dikejutkan oleh gol Bali United semenit kemudian. Striker anyar Bali United, Melvin Platje sukses mencetak gol debutnya untuk Serdadu Tridatu. Memaksimalkan umpan silang kiriman rekrutan baru lainnya, Dallen Doke, Platje menyundul bola. Si kulit bundar lantas mengarah ke sudut kiri bawah gawang dan tak mampu dijangkau kiper Andritany Ardhiyasa. Skor 0-1.

Persija merespons dan hampir membalas pada menit ke-22. Umpan pendek Riko Simanjuntak dari sektor kanan kotak penalti dituntaskan Osas Saha dengan tendangan yang membelokkan si kulit bundar ke tiang jauh. Wawan Hendrawan tampil sigap dan mampu menggagalkan momentum ini dengan sebuah blok.

Tekanan tuan rumah berlanjut. Sebuah backpass kiriman Rohit Chand disambar Sandi Sute dengan tendangan keras dari depan kotak penalti. Sayangnya, bola hasil sepakan Sandi melebar tipis di kanan gawang. Tendangan spekulasi Sandi kembali mengancam di menit ke-29. Kali ini sepakan sang gelandang mengarah akurat ke gawang, tetapi lagi-lagi Wawan tampil apik dan mampu menepis bola. Macan Kemayoran terus berupaya menekan di sisa waktu babak pertama, tetapi tak satu pun upaya mereka menghasilkan gol penyama kedudukan. Skor tetap 0-1 hingga turun minum.

 

Menit 53 Ramdani menembak keras dari sisi kiri lapangan, tapi berhasil ditangkap secara akurat oleh kiper Wawan. Sayang sekali. Sebuah kesempatan emas untuk anak-anak Persija, tapi mengarah tepat ke pelukan Wawan. Menit 54 satu sundulan dari Diasa on target tapi kiper Andritany bisa menepis dengan satu tangan. Umpan cantik dari sisi kanan kotak berhasil disundul dengan akurat ke arah dasar gawang Persija, tapi kiper mereka melakukan penyelamatan mencengangkan.

Menit 58 Platje kembali membahayakan gawang lawan, tapi berhasil ditangkap oleh kiper Andri lagi. Gagal lagi usaha anak-anak Bali untuk menambah skor. Menit 62 dan 63 Wawan kembali melakukan penyelamatan. Ini sudah menjadi aksi penyelamatan kelima atau keenam kalinya dari Wawan Hendrawan sejauh ini.

Menit 71 dua serangan beruntun dari Persija tidak beruntung. Keduanya berhasil diblok pemain Serdadu Tridatu. Rezaldi Hehanusa masih belum bernasib baik. Menit 73 satu lagi serangan tim merah dalam umpan lambung ke depan gawang lagi-lagi tidak berujung gol. Marko Simic menyundul bola terlalu tinggi, atau kiper Wawan berhasil menepis bola lebih dulu.

Menit 77 satu lagi serangan berbahaya Macan Kemayoran masih berhasil diselamatkan pemain belakang lawan. Beberapa detik kemudian gagal lagi serangan Persija. Entah sudah berapa kali Wawan menyelamatkan gawang Bali. Sudah tak terhitung. Drama sempat terjadi dalam pertandingan kali ini, dimana Kiper Wawan mendorong jatuh satu pemain Persija, Ivan Carlos, setelah satu insiden Wawan terkena tendangan atau injakan saat menyelamatkan bola pada menit 78. Menit 89 Ismed Sofyan dengan sengaja menendang bola ke arah wasit!! Ia terlihat sangat marah dianggap melakukan pelanggaran. Kartu kuning!. Menit 90+1 Ivan Carlos menanduk bola hasil tendangan bebas dari sisi kiri kotak, tapi kurang akurat, masih melayang di atas mistar gawang. Sayang sekali. Mungkin kesempatan emas terakhir bagi Macan Kemayoran.

Menit 3 injury time Bali United malah mencetak gol keduanya melalui Stefano Lilipaly setelah kerjasama satu-dua dengan satu pemain di depan gawang tuan rumah. Tetap dingin dan akhirnya pada usaha kedua berhasil menjebol gawang lawan. 0-2! Setelah injury time 4 menit, wasit meniup peluit panjang. Hasil pertandingan Persija Jakarta vs Bali United usai dengan skor 0-2.

Susunan pemain

Persija (4-4-2): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand (tengah); Riko Simanjuntak, Osas Saha, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Bali United (4-4-2): Wawan Hendrawan (kiper); Dias Angga Putra, Ahn Byung-keon, Agus Nova Wiantara, Ricky Fajrin saputra (belakang); Dallen Ramadhan, Muhammad Taufiq, Gede Sukadana, Nick van der Velden (tengah); Ilija Spasojevic, Melvin Platje (depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

 

Tinggalkan Balasan