Hasil Pertandingan Persija Jakarta vs Mitra Kukar, Harapan Persija Akhirnya Menjadi Kenyataan

Persija Jakarta pun resmi menjadi Juara Liga 1 2018 setelah sukses unggul saat melawan Mitra Kukar.Persija vs Mitra Kukar dalam dalam laga penentu juara Liga 1 2018 pekan terakhir atau pekan 34 Minggu (9/12/2018) akhirnya jadi milik Macan Kemayoran dengan skor 2-1.

Serangan lewat sisi sayap, baik lewat Novri – Rezaldi Hehanusa di sisi kiri maupun Rico Simanjuntak – Sandi Sute di sisi kanan kerap dilakukan. Sementara Mitra Kukar sendiri hampir bisa dibilang bertahan total, khususnya di 10 menit pertama meski mereka perlu kemenangan untuk lolos dari degradasi. Meski banyak menyerang, tapi peluang matang jarang didapat Persija.

Banyak umpan yang bisa dipatahkan pertahanan Mitra Kukar. Asyik menyerang, Persija justru nyaris kebobolan di menit 11. Lewat serangan balik, umpan datar Rodriguez ke dalam kotak penalti nyaris membobol gawang Persija, yang untungnya masih jauh melambung di atas gawang. Di menit 16 pinalti didapat Persija Jakarta setelah sebelumnya insiden terjadi di dalam kotak penalti Mitra Kukar.

Marko Simic yang menyambut umpan crossing terjatuh setelah bertabrakan dengan pemain Mitra Kukar. Wasit memutuskan untuk memberikan pinalti untuk Persija Jakarta. Marko Simic yang jadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dan membuat skor jadi 1-0. Usai gol tersebut, Persija Jakarta makin dominan. Serangan bertubi-tubi dilakukan dan Mitra Kukar makin tertekan. Persija mengurung Mitra Kukar setengah lapangan.

Meski mendominasi, tapi peluang matang jarang tercipta. Sulit menembus, Persija mencoba cara lain dengan tendangan jarak jauh. Di menit 34, lewat sepakan jarak jauh, Rohit Chand nyaris mencetak gol. Sayang sepakan kerasnya cuma membentur mistar gawang.

Di menit 37, Fernando Rodriguez nyaris membuat seisi Stadion Gelora Bung Karno terdiam. Berawal dari serangan balik, untung tendangan kerasnya bisa diblok oleh pemain Persija. Persija bereaksi. Di menit 38 giliran tendangan keras dari luar kotak penalti Renan Silva yang nyaris membobol gawang Mitra Kukar.

untung kiper Mitra Kukar Yoo Jaehoon tampil gemilang. Hingga akhir babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Persija Jakarta atas Mitra Kukar bertahan.

Di babak kedua, Mitra Kukar langsung tampil lebih terbuka. Mereka bisa melepaskan diri dari tekanan Persija Jakarta. Menit 56 Mitra Kukar punya peluang matang.Umpan datar Dedy Hartono yang tak bisa dijangkau pemain belakang Persija, nyaris bisa disambar Hendra Adi Bayauw. Untung Hendra sedikit terlambat sehingga gawang Persija masih aman. Persija kembali mencoba menguasai permainan. Di menit 59, Marko Simic kembali membuat Stadion Gelora Bung Karno bergemuruh.

Lewat tandukannya, bola kembali masuk ke gawang Mitra Kukar dan membuat skor jadi 2-0. Sempat terjadi protes dari para pemain Mitra Kukar. Mereka menilai ada pelanggaran sebelumnya dari Ramdani Lestaluhu yang dianggap menghalangi kiper Mitra Kukar Yoo Jaehoon saat akan menangkap bola.

Protes bahkan sempat dilakukan oleh pelatih Mitra Kukar Rahmat Darmawan atas gol ini. Setelah gol itu, Mitra Kukar tampil lebih agresif. Peluang matang di dapat Mitra Kukar di menit 69. Pinalti diberikan ke Mitra Kukar setelah Rohit Chand melakukan handball. Tapi kiper Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa tampil gemilang dengan menepis tendangan penalti yang dilakukan Fernando Rodriguez ke arah kanan bawah gawangnya.

Di menit 75, Mitra Kukar bisa mencetak gol lewat kaki Fernando Rodriguez. Tapi, dianulir oleh wasit karena dianggap ada pelanggaran sebelumnya kepada kiper Persija Andritany Ardhiyasa saat menangkap bola. Di menit 86, Mitra Kukar bisa memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Adalah gol Aldino Herdianto yang membuat gol lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Hingga akhir babak kedua, skor 2-1 untuk kemenangan Persija Jakarta bertahan dan Persija Jakarta juara Liga 1 2018.

Susunan pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier da Silva, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanussa; Rohit Chand, Sandi Dharma Sute, Renan Silva; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setyawan;

Pelatih: Stefano Cugurra

Mitra Kukar: Yoo Jaehoon; Saepuloh Maulana, Mauricio Leal, Dedy Gusmawan, Wiganda Pradika; Septian David Maulana, Muhammad Luthfi Kamal, Anindito Wahyu; Hendra Bayauw, Fernando Ortega, Dedy Hartono;

Tinggalkan Balasan