Hasil Babak Penyisihan Champions Asia 2019, Antara Persija Jakarta vs Home United

Sebanyak 884 Jakmania menjadi saksi kemenangan Persija Jakarta atas Home United 3-1, pada laga kualifikasi pertama Liga Champions Asia 2019 di Stadion Jalan Besar, Selasa (5/2/2019). Tiga gol kemenangan Persija tercipta berkat bunuh diri Ho Wai Lun pada menit ke-9 dan Alberto Goncalves (54′), dan Marko Simic (84′). Adapun satu gol balasan Home United dicetak Song Ui-young pada menit ke-42. Kemenangan ini juga menjadi asa Persija untuk tampil di babak utama atau fase grup Liga Champions Asia 2019.

Selanjutnya, Persija harus menghadapi tim Australia, Newcastle Jets, pada kualifikasi kedua. Newcastle Jets adalah tim kasta teratas Liga Australia, A-League. Laga ini dijadwalkan akan digelar di Stadion McDonald Jones, Selasa (12/02/2019).

Pada laga ini Persija menggunakan jersey tandang terbaru yang bermotiv kuning-hitam.Meski bermain di kandang lawan, Persija memilih bermain menyerang daripada menunggu. Pelatih Persija, Ivan Kolev, langsung menduetkan Marko Simic dan Alberto Goncalves yang ditopang Riko Simanjuntak dari sayap kanan.

Persija bahkan mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-9. Bek Home United, Ho Wai Lun, salah mengantisipasi tendangan bebas Fitra Ridwan. Setelah gol ini, perputaran bola lebih banyak terjadi di lapangan tengah. Kondisi lapangan rumput sintetis membuat kedua tim kesulitan mengalirkan bola kedepan.

Menjelang akhir babak pertama, Home United menyamakan kedudukan pada menit ke-42.  Menerima umpan trobosan Mohammed Faritz, Song Ui-young menaklukkan Andritany Ardhiyasa dengan tembakan kaki kanan.  Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Ivan Kolev mengganti Sandi Sute dengan Tony Sucipto untuk menjaga keseimbangan di lini tengah.  Tepat pada menit ke-54, Persija kembali unggul 2-1.  Alberto Goncalves yang berstatus pemain pinjaman dari Madura United mencetak gol sundulan memanfaatkan umpan silang Riko Simanjuntak.

Pada menit ke-68, Home United punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Namun tendangan Muhammad Faritz melayang di atas gawang Persija meski dalam keadaan tidak terkawal.  Pada lima belas menit akhir, Home United sukses mengurung pertahanan Persija. Total tiga peluang emas didapat Home United termasuk satu yang membentur mistar.

Perjuangan Home United harus berakhir pada menit ke-84.  Lagi-lagi akslerasi Riko Simanjuntak di sisi kanan menjadi awal gol Persija.  Umpan silang Riko diselesaikan Marko Simic dengan tendangan setengah voli kaki kanan. Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang.

Pertandingan Persija Jakarta kontra Home United hanya berlangsung satu leg.  Seandainya pertandingan berakhir imbang maka akan lanjut ke perpanjangan waktu dan adu penalti.  Pemenang laga ini yakni Persija Jakarta sudah ditunggu wakil Australia, Newcastle Jets di putaran kedua.  Laga melawan Newcastle Jets dihelat pada 12 Februari mendatang.

Susunan pemain pertama Home United versus Persija Jakarta:

Persija Jakarta: 26-Andritany Ardhiyasa; 14-Ismed Sofyan, 6-Maman Abdurrahman, 4-Ryuji Utomo, 3-Dany Saputra; 25-Riko Simanjuntak, 45-Sandi Darman Sute, 17-Fitra Ridwan, 7-Ramdani Lestaluhu; 9-Marko Simic, 90-Alberto Goncalves

Pelatih: Ivan Kolev

Home United: 24-Rudy Khairullah; 6-Abdil Qaiyyim, 7-Muhammed Aqhari, 9-Mohammed Faritz, 22-Ho Wai Lun; 15-Muhammad Faizal, 16-Muhammad Hami, 27-Adam Swandi, 13-Muhammad Izzdin; 10-Song Ui-young, 8-Isaka Cernak

Pelatih: Saswadimata Dasuki

Tinggalkan Balasan