Pengganti Ivan Kolev di Persija

Lima hari setelah mundurnya Ivan Kolev, kini Persija sudah kembali menunjuk pelatih kepala baru yaitu Julio Banuelos Saez, asal Spanyol.

Pelatih yang dulunya bermain sebagai pemain bertahan ini merupakan lulusan akademi Real Madrid, tapi sayangnya Coach Julio tidak pernah berhasil menembus tim utama klub pemegang gelar juara liga champions terbanyak itu.

Coach Julio muda malang melintang di berbagai klub medioker liga spanyol. Ia memutuskan pensiun dini diusia 31 tahun dan mulai memasuki karir kepelatihan dengan menangani berbagai tim junior dalam satu klub. Coach yang kini genap berusia 48 tahun ini juga tercatat pernah menjadi asisten Luis Milla saat menangani Tim nasional Indonesia di Asian Games 2018 yang lalu.

Saat ini, Coach Julio memegang lisensi kepelatihan level 3 RFEF (Asosiasi Sepakbola Spanyol) atau setara UEFA Pro.

Coach Julio tidak sendirian di Persija, Ia akan ditemani Eduardo Perez yang merupakan pelatih kiper Timnas pada Asian Games 2018. Saat ini Eduardo memegang lisensi kepelatihan UEFA A, dan baru saja mendapatkan lisensi AFC Pro saat melatih di Qatar.

Sedikit fakta menarik tentang Coach Julio, pada musim 2016-2017 berhasil membawa APOEL melaju ke babak 16 besar Europa League sebagai juara grup. Sedangkan coach Eduardo berhasil menjadi juara di liga Qatar musim lalu bersama Al-Sadd yang diperkuat Xavi Hernandez, saat menjadi pelatih kiper di sana.

Berada dibawah kepemimpinan Coach Julio, sepertinya Persija berencana untuk memperbaiki lini belakang yang keropos dan selalu bermain tanpa pola ketika diasuh pelatih sebelumnya. Dengan pengalaman di berbagai klub eropa, dari tim usia muda sampai tim senior, Coach Julio diharapkan dapat menciptakan filosofi yang dapat digunakan oleh tim Persija dari kelompok umur paling muda sampai senior.

Tapi, jangan terlalu banyak berharap pada Coach Julio di putaran pertama ini, harus diingat bahwa skuat yang ada sekarang bukanlah pemain pilihan Coach Julio. Kita baru bisa berharap banyak ketika putaran kedua dimulai nanti, setelah Coach Julio bisa memilih pemain yang diinginkannya dan sesuai dengan taktik yang ingin dijalankan.

Sumber: Litbang Jakmania

Tinggalkan Balasan