PSM Makassar dipaksa menyerah 0-1 dari Persija Jakarta

PSM Makassar dipaksa menyerah 0-1 dari Persija Jakarta dalam Liga 1 pekan ke-24,  Marko Simic menjadi aktor dengan mencetak gol tunggal kemenangan di menit 85.  Ini adalah kemenangan tandang pertama bagi Persija Jakarta di musim ini.

Bertanding di Stadion Andi Matalatta dalam lanjutan Liga 1, Minggu (20/10/2019), Raihan tiga poin ini membuat Riko Simanjuntak dkk untuk sementara berhasil keluar dari zona degradasi. Mereka naik ke peringkat 13 klasemen dengan mengumpulkan 23 poin.

Sedangkan bagi tuan rumah, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat kesembilan dengan perolehan 30 poin.

Meski bermain di kandang lawan, Persija langsung tampil menekan. Belum lima menit laga berjalan, Heri Susanto mendapatkan kesempatan membuka keunggulan, namun penyelesaian akhirnya masih jauh dari sasaran.

Setelahnya, giliran Marko Simic yang memiliki kans lewat tendangan bebas di menit ke-10, tapi kiper PSM, Rivky Mokodompit, berhasil mengamankannya.

Pada menit ke-20, PSM mengancam gawang Persija lewat giliran Rizky Pellu, namun tendangannya masih mampu dihalau kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Pada menit ke-29, Ferdinand Sinaga sempat mencetak gol usai mendapat umpan dari Wiljan Pluim, namun gol tersebut dianulir karena Ferdinand sudah lebih dulu berada di posisi offside.

Pada menit ke-35, PSM kembali menghadirkan ancaman bagi gawang Persija, tapi tendangan Asnawi Mangkualam kembali bisa dimentahkan Andritany. Hingga babak pertama usai, skor imbang tanpa gol tetap tak berubah.

Di babak kedua, baik PSM maumpun Persija Jakarta mencoba mengontrol jalannya pertandingan.  Simic nyaris membuat tim tamu unggul andai sundulan Simic tidak melebar dari gawang Rivki Mokodompit.

Tidak berselang lama, Novri Setiawan membahayakan gawang tuan rumah, sayang sepakannya masih melebar dari gawang.  Hingga menit 70 kedua tim masih belum mampu memecah kebuntuan di pertandingan ini.

Amido Balde dan Zulham Zamrun dimasukkan oleh Coach Darije Kalezic untuk memecah kebuntuan PSM Makassar.  Sedangkan Persija Jakarta memasukkan Joao Tomas untuk membantu Macan Kemayoran dalam mengkreasi peluang.

Akhirnya, Marko Simic memecah kebntuan, usai sepakan kerasnya gagal diantisipasi oleh Rivki.  Skor berubah menjadi 0-1 di menit 85.  Pluim nyaris menyamakan kedudukan andai sepakan kerasnya di dalam kotak penalti tidak melebar dari gawang Persija.  Skor 0-1 menutup pertandingan ini.

Susunan pemain

PSM Makassar

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Beny Wahyudi; M. Arfan, Rizky Pellu, Pluim, Maitimo; M. Rizky, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian

Persija Jakarta

Andritany Ardhyasa; Novri Setiawan, Xandao, Fachruddin, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Heri Susilo, Simic

Tinggalkan Balasan