Hasil Pertandingan Arema vs Persija, Berbagi Poin di Kanjuruhan

Gol lewat sundulan Marko Simic sukses dibalas eksekusi penalti Makan Konate yang mewarnai hasil akhir Arema vs Persija, Sabtu (23/11/2019) sore.

Laga pekan ke-28 Liga 1 2019 bagi kedua tim harus berakhir imbang dengan skor, 1-1 dalam pertandingan yang berlangsung, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur mulai pukul 15.30 WIB. Marko Simic memang sempat membuat Aremania terbungkam pada menit ke-76.
Menerima umpan diagonal, penyerang berpaspor Korasia itu sukses menaklukkan kiper Arema, Kartika Aji di pojok kanan.

Namun, Arema mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-86 yang sukses dieksekusi Makan Konate.  Tak ada gol tambahan sehingga hasil akhir kedua laga hingga 2×45 menit berakhir dengan skor imbang, 1-1.

Pada babak pertama, kiper Arema, Kartika Aji menjadi pahlawan usai sukses menepis tendangan penalti, Marko Simic, pada babak pertama.  Sehingga pada babak pertama, 1×45 menit berakhir dengan skor kacamata, 0-0.

Kedua kesebelasan langsung bermain terbuka setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Dalam 10 menit pertama, kedua kesebelasan lebih bermain sabar dengan perlahan-lahan menyusun serangan untuk bisa mengungguli lawan.

Arema FC terlihat lebih mendominasi jalannya pertandingan di awal babak pertama. Beberapa kali tuan rumah sempat merepotkan pertahanan Persija dengan mengandalkan kecepatan striker Arema, Rifaldi Bawuo.

Peluang untuk tuan rumah datang pada menit ke-20 ketika Makan Konate mampu melepaskan tendangan setelah menerima umpan pendek dari Rifaldi Bawuo. Namun sayang, tendangan first time dari Konate masih membentur salah seorang pemain bertahan Persija.

Dominasi tuan rumah terus bertahan hingga menit-menit terakhir pertandingan babak pertama. Persija pun mau tak mau hanya mengandalkan serangan-serangan balik untuk bisa menekan pertahanan Arema.

Peluang emas didapatkan Persija Jakarta pada menit ke-43 yang mendapatkan hadiah penalti setelah Riko Simanjuntak dijatuhkan di kotak terlarang. Akan tetapi, Marko Simic yang maju sebagai eksekutor gagal mengeksekusi penalti tersebut setelah Kartika Ajie berhasil menepis tendangan keras sang top scorer sementara Liga 1 2019.

Menjelang berakhirnya babak pertama, intensitas tinggi ditunjukkan kedua kesebelasan dengan saling bertukar serangan. Namun hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor 0-0 tetap bertahan.

Pada menit ke-73, Riko menunjukkan aksi impresif ketika menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke kotak penalti. Namun umpan silang yang ia lepaskan berhasil dihalau oleh Hamka Hamzah.

Dua menit berselang, Simic melepaskan tendangan bebas tetapi belum membahayakan karena tendangannya membentur pagar hidup.  Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah di menit ke-76. Gol tersebut berawal dari umpan Sandi Sute ke arah kiri pertahanan Arema.

Umpan Sandi berhasil dikejar oleh Novri Setiawan yang langsung melepaskan umpan silang ke muka gawang. Meski bola terbilang sulit, Simic mampu mengarahkan bola masuk ke dalam gawang lewat sundulan kepala.

Tertinggal satu gol, Arema kembali coba menekan pertahanan Persija. Di menit ke-81, Hamka yang maju membantu serangan berhasil menyundul bola sepak pojok. Tetapi arah bola tepat jatuh ke pelukan Shahar Ginanjar.

Di menit ke-85, Arema mendapatkan penalti setelah Ryuji Utomo dianggap melakukan handball di kotak penalti. Sejumlah pemain Persija sempat melakukan protes atas keputusan tersebut.

Makan Konate yang bertindak sebagai algojo penalti berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Meski Shahar sukses menyentuh bola tembakan Konate, bola tetap meluncur masuk ke dalam gawang. Kedua tim berusaha keras mencari gol kemenangan namun skor 1-1 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain:

Arema FC (4-3-3): 96-Kartika Ajie; 23-Hamka Hamzah, 19-Hanif Sjahbandi, 44-Athur Cunha, 18-Ricky Ohorella; 10-Makan Konate, 37-Agil Munawar, 8-Nasir; 15-Sunarto, 41-Dendi Santoso, 11-Rifaldi Bawuo.


Pelatih: Milomir Seslija.

Persija Jakarta (4-4-2): 88-Shahar Ginanjar; 16-Tony Sucipto, 19-Fachrudin Aryanto, 4-Ryuji Utomo, 2-Xandao; 45-Sandi Sute, 25-Riko Simanjuntak, 11-Novri Setiawan, 99-Rachmad Hidayat; 94-Heri Susanto, 9-Marko Simic.

Pelatih: Edson Tavares.

Tinggalkan Balasan