Jakmania Kebumen, Berdiri Sebagai Suporter Lokal Pertama di Kebumen.

Jakmania Kebumen tak hanya membawa cerita dan sejarah bagi Jakmania, namun juga untuk pertumbuhan supporter di daerah Kebumen.

Berawal dari 3 pendiri yaitu Idez, Nopa, dan Imam pada tahun 2010. Berawal dari kecintaan terhadap klub Ibu Kota, Persija Jakarta membawa 3 anak muda asal Kebumen ini sepakat dan tanpa ragu untuk menunjukan identitas mereka sebagai Persija lovers.

Dalam live pada 8 Agustus 2021 segment Jejak (Jelajah Jakmania) bersama Jakmania Kebumen, Idez mengatakan bahwa Jak Kebumen adalah pelopor dan satu-satunya komunitas supporter lokal saat itu. Dengan menggaet anak-anak muda sekolahan di Kebumen membuat pertumbuhan Jakmania Kebumen begitu pesat.

Menyadari pertumbuhan secara kuantiti membuat Jakmania Kebumen memiliki harapan untuk dapat berdiri sebagai Biro resmi Jakmania. Dengan menjadinya Biro mereka berharap dapat menjalani roda organisasi lebih baik lagi.

Perjalanan hampir 10 tahun, dengan lika liku dan perpindahan sub Cipinang, Kemayoran, serta Karawang. Akhirnya pada 20 Oktober 2019 Jakmania Kebumen yang diketuai oleh Ambon resmi menjadi Biro ke-5 Jakmania dengan anggota aktif saat ini berjumlah 159.

Ambon mengatakan terbentuknya Jakmania Kebumen sendiri adalah sebuah kebanggan yang membuktikan bawah Jakmania dan Persija diterima di Kebumen. Jakmania Kebumen sendiri memiliki peta lokasi penyebaran diseluruh Kabupaten Kebumen dengan memiliki 7 basis mewakili kecamatan.

Sebelum pandemi, komunitas (sebelum resmi menjadi Biro) yang sebelumnya sempat dijuluki Hooligan Java ini memilih alun-alun sebagai tempat Kopdarnya.

Tinggalkan Balasan