the Jakmania Brebes, Revisi 5 Kali Perihal Tanda Baca dan Huruf Kapital.

Jelajah Jakmania (JeJak) kembali hadir menemani minggu malam teman-teman the Jakmania. Pada episode kali ini waktunya Biro Brebes menceritakan kisah awal mula mereka berdiri sampai pada diresmikannya menjadi Biro ke-7.

Perjalanan the Jakmania Brebes dimulai pada tahun 2010. Nama tim Persija memang sudah tidak asing lagi di Brebes, namun apa itu Jakmania? Ya, nama Jakmania masih menjadi sebuah hal yang abu-abu.

Seiring berjalannya waktu dengan mengandalkan kekuatan sosial media, Aji Ismanto yang akrab disapa dengan Bang Aji ini berkenalan dan bertemu dengan beberapa orang sesama pencinta Persija. Dengan visi yang sama, pada tahun 2012 the Jakmania Brebes memutuskan untuk bergabung dengan organisasi the Jakmania sebagai sub-korwil Kranji.

Kenyataan yang kurang menyenangkan harus dialami the Jakmania Brebes. Jatuh bangun dalam mempertahankan nama Brebes dan harus beberapa kali mengalami vakum membuat bang Aji secara personal sempat merasakan up and down. Namun Bang Aji mengatakan, kecintaannya terhadap Persija dan Jakmania yang memberikan kekuatan sampai saat ini untuk terus berjuang.

Semangat itu kian berkobar ketika melihat the Jakmania Tegal diresmikan sebagai Korwil (sebelum digunakan nama Biro) saat itu. Ya, ternyata the Jakmania Tegal dan Brebes memiliki kedekatan dan sejarah tersendiri untuk keduanya.

Menargetkan diri menjadi Korwil setelah the Jakmania Tegal bukanlah perkara mudah. Harus memenuhi salah satu syarat pendirian yaitu 75 KTA aktif membuat the Jakmania Brebes membuat campaign 100 KTA untuk Brebes. Dengan mengerahkan seluruh basis setiap Kecamatan akhirnya target KTA tersebut terpenuhi dalam 1 bulan. Namun perjalanan kembali menemukan tantangan, dimana adanya perubahan dan pergantian Ketua dan struktur organisasi didalmnya sehingga pembuatan KTA harus tertunda.

Tak sampai disitu, Bang Aji menceritakan bagaimana tantangannya saat mengajukan proposal pengajuan the Jakmania Brebes sebagai Biro yang tidak bisa Ia lupakan. Ia harus mengalami 5 kali revisi perihal tanda baca atau huruf kapital yang ditempatkan kurang tepat. Namun semuanya terbayar dengan diresmkannya the Jakmania Brebes sebagai Biro pada 28 Oktober 2019.

The Jakmania Brebes sendiri saat ini memiliki lebih kurang 250 anggota aktif dengan cangkupan wilayah seKabupaten Brebes. Sebagai organisasi, the Jakmania Brebes fokus untuk membesarkan dan meningkatkan citra positif the Jakmania di Brebes. Bang Aji menambahkan, nama Persija di Brebes sudah besar tanpa perlu kita besarkan, fokus kita saat ini adalah untuk Jakmania.

Tinggalkan Balasan