Kemenangan Persija Jakarta Atas Madura United

Persija Jakarta memetik tiga poin pada pekan ke-8 Liga 1 2021 saat berhadapan dengan Madura United. Laga Madura United vs Persija yang berlangsung di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (22/10/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Macan Kemayoran. Marko Simic memborong dua gol yang dicetak pada menit ke-20 dan 54. Sementara, satu gol Persija lainnya dicetak oleh Alfriyanto Nico (52′). Adapun dua gol balasan Madura United dicetak melalui gol penalti Hugo Gomes atau Jaja pada menit ke-90+1 dan aksi Rafael Silva (90+5′).


Kiper Persija, Andritany Ardhiyasa, sudah harus kerja keras sejak awal pertandingan. Hingga pertandingan memasuki menit ke-10, tercatat sudah tiga kali Madura United melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Sebanyak dua tembakan di antaranya dilepaskan oleh Rafael Silva. Namun, ketiga upaya Madura United tersebut tak cukup berbahaya dan bisa diamankan Andritany. Madura United kembali mendapatkan peluang melalui tendangan bebas yang dieksekusi Hugo Gomes atau Jaja. Akan tetapi, tendangan Jaja terlalu deras dan bola hanya melayang jauh di atas mistar gawang.

Tak berbeda dengan Madura United, Persija Jakarta juga belum menciptakan peluang berarti yang mengancam lini pertahanan lawan. Persija baru mendapatkan peluang emas saat pertandingan berjalan 19 menit. Bermula dari sepak pojok Riko Simanjuntak, bola dikontrol Otavio Dutra yang meneruskannya ke Marko Simic yang ada di tengah kotak penalti. Namun, Simic menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut sebab tendangannya melayang di atas gawang.

Kegagalan tersebut dibayar lunas oleh Marko Simic pada menit ke-20. Dia sukses membawa Persija unggul 1-0 berkat tendangan melengkungnya. Simic melepaskan tendangan melengkung kaki kanan dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok atas gawang yang gagal diantisipasi kiper Muhammad Ridho.

Madura United balik menyerang pada menit ke-23. Jaja yang memanfaatkan bola rebound melepaskan tendangan yang akhirnya masuk ke pelukan Andritany. Persija Jakarta nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-32 via tendangan bebas Marko Simic. Tendangannya tepat mengarah ke gawang, tetapi berhasil ditangkap kiper Madura United.

Kesempatan emas lagi bagi Persija datang pada menit ke-38. Alfriyanto Nico yang tak terkawal di depan gawang gagal memaksimalkan peluang usai tendangannya hanya melambung ke atas. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija Jakarta bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua bergulir, Persija bisa mendapatkan gol keduanya di menit ke-52. Alfriyanto Nico yang bikin gol.

Aksi individunya di sisi kiri berbuah gol. Membawa bola masuk ke kotak penalti, sepakannya dari sudut sempit gagal diantisipasi kiper Madura United. Skor menjadi 2-0.

Hanya dua menit berselang, Persija mendapat gol ketiganya. Simic kembali bikin gol, kali ini memanfaatkan crossing terukur Riko Simanjuntak dari sisi kanan. Tandukan Simic gagal diantisipasi Ridho. Skor menjadi 3-0 untuk tim tamu.

Tertinggal tiga gol bikin Madura United makin kesulitan. Meski begitu, anak asuh Rahmad Darmawan banyak menekan Persija di sisa waktu babak kedua.

Beberapa kali Rafael Silva dan Hugo Gomes mengancam gawang Persija, namun penampilan apik Andritany bisa menggagalkannya.

Madura akhirnya baru dapat gol di masa injury time. Marco Motta melanggar Silvio Escobar Benitez, dan tendangan 12 pas bisa dieksekusi dengan baik oleh Hugo Gomes. Skor menjadi 1-3. Madura United kembali bikin gol di masa tambahan waktu, tepatnya di menit ke-90+6. Kali ini tendangan bebas mendatar Rafael Silva membobol gawang Persija. Skor 2-3 bertahan sampai laga bubar.

Kemenangan membuat Persija sementara naik ke peringkat empat klasemen Liga 1 2021 dengan 13 poin dari 8 laga. Sementara Madura United tertahan di peringkat 13 dengan 8 poin.

Susunan pemain

Madura United (4-2-3-1):

20-M. Ridho (PG); 13-Dodi Alekvan (26-Novan Sasongko 74′), 19-Fachruddin, 5-Jaime Xavier, 6-Rendika Rama; 55-Kim Jinsung (3-Samuel Christianson Simanjuntak 90′), 10-Slamet Nurcahyo (7-Bayu Gatra 55′); 15-Tuasalamony (11-Silvio Escobar 74′), 50-Hugo Gomes, 91-David Laly (33-Kevy Syahertian 55′); 9-Rafael Silva.

Pemain cadangan: 2-Guntur Riyadi, 4-Asep Berlian, 12-Haris Tuharea, 21-Muhammad Ridwa, 23-Kadek Raditya.

Pelatih: Rahmad Darmawan.

Persija (4-3-3):

26-Andritany (PG); 2-Rio Fahmi, 4-Yann Motta, 5-Otavio Dutra, 28-Rezaldi Hehanussa; 56-Maman Abdurrahman, 6-Tony Sucipto (47-Marco Motta 79′); 25-Riko Simanjuntak (19-Braif Fatari 83′); 81-Dwiki Arya Purnomo (7-Ramdani Lestaluhu 69′), 18-Alfriyanto Nico (77-Dony Tri Pamungkas 69′); 9-Marko Simic.

Pemain cadangan: 11-Novri Setiawan, 15-Salman Alfarid, 17-Raka Cahyana, 29-Adizi Lenzivio, 41-Muhammad Ferarri, 69-Rangga Widiansyah.

Pelatih: Angelo Alessio.


Tinggalkan Balasan