Player of the Month Maret 2018: Ismed Sofyan

Oleh : Fayyadh (Litbang the Jakmania)

Kapten Persija, Ismed Sofyan dinobatkan sebagai Player of the Month untuk bulan Maret 2018 dari Pengurus Pusat (PP) The Jakmania. Penghargaan tersebut diberikan karena pemain bernomor punggung 14 tersebut dinilai sebagai pemain dengan kontribusi terbaik dan konsisten selama menjalani pertandingan-pertandingan di bulan tersebut. Penghargaan diberikan seusai pertandingan Persija melawan Borneo FC di Stadion Gelora Bung Karno pada 14 April lalu.

Kontribusi dan konsistensi Ismed terlihat dalam empat pertandingan yang dijalani Persija pada bulan Maret, yakni dua laga AFC Cup melawan Song Lam Nghe An dan dua pertandingan di Liga 1 melawan Bhayangkara FC dan Arema FC. Berdasarkan data statistik yang dihimpun oleh tim Litbang PP The Jakmania, dalam keempat pertandingan tersebut, ‘Bang Haji’ bermain selama 360 menit, alias selalu bermain penuh 90 menit di tiap pertandingannya.

Pemain dengan posisi bek kanan tersebut juga mencatat beberapa statistik yang menjanjikan, di antaranya total sentuhan bola sebanyak 271 atau sekitar 67 sentuhan tiap laganya. Akurasi operannya juga cukup besar, dimana Ismed berhasil membuat 170 operan sukses dari 209 percobaan, dengan akurasi mencapai 81%. Akurasi tekel juga cukup tinggi, yakni 60%, juga akurasi duel udara mencapai 57%. Satu catatan lain adalah Ismed tidak sekalipun melakukan pelanggaran, apalagi mendapat kartu, dalam keempat pertandingan tersebut.

Dalam empat pertandingan di bulan Maret, Persija hanya sekali kemasukan gol. Tiga pertandingan lainnya Persija berhasil mencatatkan clean sheet. Hal ini menjadi nilai positif bagi Ismed sebagai seorang pemain belakang.

Salah satu penampilan terbaik Ismed di bulan Maret adalah di laga kedua Liga 1melawan Arema FC. Pada pertandingan tersebut, Ismed berhasil mencatatkan dua assist sekaligus membawa Persija menang 3-1.

Tinggalkan Balasan