Di Leg Pertama Persija Harus Kalah Oleh Home United

Hasil pertandingan Home United melawan Persija Jakarta pada semifinal leg pertama Piala AFC zona Asean di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5) malam. Home United menang 3-2.

Persija tak bisa menurunkan tim terbaiknya di laga ini. Tiga pemain pilar absen, yaitu kiper Andritany Ardhiyasa, bek kiri Rezaldi Hehanusa dan bek tengah Jaimerson Xavier.

Bermain di depan pendukung sendiri, Home United langsung mengambil inisiatif penyerangan. Pemain-pemain tuan rumah juga melakukan pressing ketika kehilangan bola. Hal itu yang membuat pemain Persija sulit mengembangkan permainan.

Ketiadaan Rezaldi dan Jaimerson juga membuat lini pertahanan Persija sangat rapuh. Dengan mudah penyerang Home United dengan mudah menembus pertahanan Tim Macan Kemayoran dan mengancam gawang Muhammad Rizky Darmawan.

Baru dua menit laga berjalan tim tuan rumah sudah berhasil unggul. Gol terjadi karena bunuh diri bek Maman Abdurrahman. Dia menyundul bola ke dalam gawang sendiri saat berusaha menghalau umpan silang lawan dari sayap kanan. Home United unggul 1-0.

Tujuh menit kemudian, Rizky Darmawan memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua. Memaksimalkan ruang yang terbuka di lini belakang tim tamu, Song Ui Yong menusuk dan melepaskan tendangan keras ke sudut kanan bawah gawang. Skor 2-0.

Persija mencoba berbalik menekan lewat situasi bola mati pada menit ke-14. Umpan Riko Simanjuntak menghasilkan kemelut di depan gawang, namun Ramdani Lestaluhu gagal memaksimalkan momentum. Bola hasil sepakannya dapat diblok pemain lawan.

Tim tamu kembali mendapat peluang di menit ke-26. Ramdani Lestaluhu memaksimalkan umpan sepak pojok kiriman Riko Simanjuntak dengan sebuah sundulan. Gol urung tercipta lantaran bola hasil tandukan Ramdani melambung tipis di atas gawang.

Macan Kemayoran akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-32. Ramdani mencatatkan namanya pada papan skor. Berawal dari umpan sepak pojok kiriman Riko Simanjuntak, Ramdani melepaskan sundulan terukur. Bola mengarah ke sudut kiri bawah gawang dan menjadikan skor 2-1.

Empat menit kemudian Macan Kemayoran hampir menyamakan kedudukan. Memanfaatkan bola muntah di dalam kotak penalti, Riko Simanjuntak melepaskan sepakan voli dengan kaki kanannya. Bola hanya melambung di atas gawang.

Tak ada gol tambahan di sisa waktu babak pertama. Skor 2-1 pun bertahan hingga turun minum.

Persija langsung membuka inisiatif serangan di awal paruh kedua. Upaya tersebut menemui hasil pada menit ke-49. Gol lagi-lagi dicetak Ramdani Lestaluhu. Serupa dengan gol pertama, Ramdani meneruskan umpan sepak pojok Riko Simanjuntak dengan sebuah sundulan. Kali ini bola mengarah ke sudut kanan bawah gawang. Kiper tuan rumah mati langkah dan skor pun berubah menjadi 2-2.

Usai gol tersebut, tempo pertandingan menurun. Hingga memasuki menit ke-75 tak banyak peluang matang tercipta.

Pada menit ke-76 Persija nyaris membalikkan kedudukan. Riko Simanjuntak menusuk di sektor kanan kotak penalti dan melepaskan tendangan ke tiang jauh, tetapi hasilnya bola melebar di kanan gawang.

Alih-alih memimpin, Persija justru kebobolan tiga menit kemudian. Usai menerima umpan Mohan Kumar, pemain pengganti Hafiz Nor mengincar sudut kiri atas gawang dengan sepakan keras menggunakan kaki kanannya. Bola meluncur dengan akurat dan mengubah skor menjadi 3-2.

Semenit jelang waktu normal usai, Home United kembali mengancam. Umpan cutback Mohan Kumar dituntaskan Sirina Camara dengan tendangan keras, namun bola dapat ditangkap dengan mudah oleh Rizky Darmawan.

Tak ada gol di sisa waktu pertandingan. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain Home United vs Persija

Home United: Rudy Khirullah, Muhammad Shakir, Juma’at Jantan, Abdil Qaiyyim, Mohammed Faritz; Anumanthan, Muhammed Aqhari; Song Ui Yong, Muhammad Izzoin, Muhammad Fazli; Shahril Ishak.

Cadangan: Amy Recha Samion, Amiruldin Asraf, Sirina Camara, Shahrin Saberin, Hafiz Nor, Eko Pradana Putra, Christopher Van Huizen.

Persija: Muhammad Rizky Darmawan, Ismed Sofyan, Vava Mario Yagalo, Maman Abdurrahman, Valentino Telaubun, Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic.

Cadangan: Dani Saputra, Addison Alves, Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Bambang Pamungkas, Yan Nasadit, Daryono.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan