Peluang Persija Untuk Lolos Ke Partai Final Piala AFC Zona Asean Sudah Tertutup

Babak pertama pertandingan Persija vs Home United dalam leg kedua semifinal AFC Cup zona ASEAN, Selasa (15/5/2018) di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) berkesudahan dengan skor sementara 1-3. Tiga gol tim tamu dicetak Shahril Ishak (dua gol) dan Song Ui-Young. Tuan rumah sendiri bermain 10 orang setelah Jaimerson terkena kartu merah.

Tim tamu unggul cepat saat laga belum genap berumur enam menit. Home United mencetak gol lewat aksi Shahril Ishak. Berawal dari umpan silang yang gagal dihalau Rizky Darmawan, Shahril menyambar bola bebas dengan sundulan. Gawang Persija pun bergetar dan skor menjadi 0-1.

Macan Kemayoran membalas pada menit kesembilan lewat tendangan penalti Marco Simic. Sepakan keras pemain asal Kroasia itu gagal dihentikan dengan baik oleh kiper Rudy Khairullah. Penalti sendiri berawal dari pelanggaran pemain Home United terhadap Novri Setiawan di kotak terlarang. Skor 1-1.

Sialnya, skor tersebut tak bertahan lama. Pelanggaran Jaimerson terhadap Shahril Ishak di kotak terlarang menghasilkan hadiah tendangan penalti untuk tim tamu. Shahril mengeksekusi sendiri tendangan ini pada menit ke-12. Sepakannya memang sempat diblok Rizky Darmawan, namun bola muntah sukses kembali ia sambar untuk menjadikan skor 1-1.

Tak mau kalah begitu saja, Persija lantas berusaha tampil lebih agresif. Pada menit ke-16 Rezaldi Hehanusa melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun hasilnya melambung di atas gawang.

Semenit kemudian giliran Jaimerson yang gagal. Sundulannya memaksimalkan umpan sepak pojok sebenarnya mengarah akurat ke gawang, namun bola dapat ditepis Rudy.

Di tengah upaya mengurung pertahanan lawan, Persija justru kehilangan salah satu pemainnya. Jaimerson Xavier harus keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua, usai melakukan pelanggaran terhadap Son Ui-Young.

Tampil dengan pemain lebih sedikit, gawang Persija kemasukan gol lagi semenit jelang babak pertama usai. Song Ui-Young memperlebar keunggulan tim tamu lewat sundulan, memaksimalkan umpan kiriman Camara. Skor pun berubah menjadi 1-3 dan bertahan hingga turun minum.

Kekurangan satu pemain tidak mengendurkan perjuangan anak-anak Macan Kemayoran di babak kedua. Justru sebaliknya pasukan Stefano Cugurra Teco langsung melakukan tekanan gencar pada lima menit awal.

Novri memberikan ancaman pertama di menit ke 47. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti ke arah tiang jauh, masih bisa ditepis keluar oleh kiper Home United dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Di menit ke 51, giliran Ramdani Lestaluhu yang mengancam gawang Home United. Sayang sundulannya meneruskan umpan Rezaldi masih mengarah tipis di atas mistar.

Sundulan Novri dari jarak dekat meneruskan umpan tendangan bebas Ismed pada menit ke-57 masih bisa diblok keluar oleh kiper Home United dan berbuah tendangan sudut untuk Persija.

Hingga menit ke-65 Persija masih terus aktif melakukan serangan memanfaatkan kecepatan Rico dan Ramdani. Namun usaha mereka masih sulit menembus pertahanan kokoh Home United yang tampaknya hanya bermain safe untuk mengamankan keunggulan.

Giliran Rico Simanjuntak memberikan ancaman maut di menit ke-71. Sayang bola tembakan kerasnya dari kanan kotak penalti masih menerpa sisi luar jala gawang Home United.

Pada sepuluh menit terakhir, serangan Persija mulai terlihat mengendur karena sudah kelelahan. Sementara Home United tidak terlihat ngotot mencari gol lagi. Tim tamu lebih banyak memainkan bola untuk mengulur waktu.

Tak ada gol yang tercipta hingga peluit akhir babak kedua berbunyi. Home Unted tetap unggul 3-1 dan lolos ke final Piala AFC Zona Asean dengan agregat gol 6-3.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Rizky Darmawan; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Home United: Rudy Khairullah; Juma’at Jantan, Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah, Izzdin Shafiq, Anumanthan Kumar, Faizal Roslan, Shahril Ishak, Fazli Ayob, Song Ui-young.

Tinggalkan Balasan