Hasil Pertandingan Persija vs Persela Lamongan, Lagi-Lagi Persija Harus Menerima Kekalahan

Hasil akhir Persela Lamongan vs Persija Jakarta di Pekan 9 Liga 1 2018, Minggu (20/5/2018) 2-0 kemenangan untuk tuan rumah.

Babak pertama antara Persela Lamongan kontra Persija Jakarta masih bertahan dengan skor imbang tanpa gol. Laga lanjutan Liga 1 pekan kesembilan digelar di Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan.

Persela mengambil inisiatif serangan lewat dua sisi sayap, terutama lewat sektor kanan penyerangan. Namun kiper Persija, Daryono, tampil cukup baik dengan tangkapan-tangkapan sempurna saat memotong umpan silang pemain lawan. Tuan rumah terus melancarkan serangan, sampai-sampai pasukan Aji Santoso mendapat empat tendangan sudut dalam 15 menit pertama laga.

Setelah itu, kondisi berubah drastis atas penguasaan bola yang diambil alih oleh pasukan Macan Kemayoran. Persija pun mendapatkan peluang bersih pertama pada laga ini untuk mencetak gol lewat tendangan keras Marko Simic. Sayang tendangan Simic dari sudut sempit di sisi kiri kotak penalti Persela masih bisa diselamatkan kiper Dwi Kuswanto.

Simic kembali mengancam lewat tendangan yang diarahkan ke sisi kanan gawang Persela, sayang masih menyamping. Penyerang asal Kroasia itu kembali mendapat peluang terbuka saat menerima umpan silang dari sisi kanan yang dilepas Riko Simanjuntak. Sayang bola tidak diarahkan ke gawang oleh Simic dan tak ada pemain Persija yang menyambut bola. Lagi-lagi, top scorer Piala Presiden 2018 itu melakukan ancaman lewat tendangannya yang masih melayang setelah menyambut umpan silang pada menit ke-28.

Semenit berselang Persela balik mengancam lewat percobaan lemah Loris Arnaud yang membentur barisan pertahanan Persija, mampu diamankan kiper Daryono. Kiper Dwi Kuswanto kembali menggagalkan usaha Simic yang melepaskan tendangan lemah dan mendatar pada menit ke-33. Shohei Matsunaga hampir membuka keunggulan Persela andai tendangan bebas akuratnya tak diamankan Daryono. Sampai wasit Annas Apriliandi asal Jawa Barat mengakhiri babak pertama, skor 0-0 tetap bertahan.

Babak kedua terlihat kedua tim tak mau menyia-nyiakan waktu yang ada dengan bermain dalam tempo cepat. Beberapa pemain Persija Jakarta terlihat cukup kelelahan dampak jadwal ketat yang mereka lakoni. Hal ini coba dimanfaatkan Persela.

Shohei Matsunaga gagal mengeksekusi tendangan penalti hingga membuat semua rekan-rekan dan pelatihnya terlihat sangat kecewa. Peluang di awal-awal babak kedua itu jelas belum tentu akan datang kembali. Alves nyaris cetak gol bagai tendangan penalti jarak dekat, namun masih gagal.

Buntu, kubu Persela mulai mengeluarkan Mohammad Fahmi Al-Ayyubi di menit ke-58. Ia segera digantikan dengan sosok Sugeng Efendi. Lini tengah mereka memang benar-benar kedodoran. Masih buntu, Persela lagi-lagi keluarkan pemain, yaitu Syahroni digantikan Ahmad Subagja Baasith di menit ke-61.

Sama-sama buntu, Persija akhirnya harus tarik Addison Alves de Oliveira digantikan oleh Novri Setiawan di menit ke-68. Wallace Costa sempat terlihat menyikut leher lawan, namun tak diganjar kartu kuning sama sekali. Diego Assis kebagian kartu kuning karena menarik tangan dan leher lawan. Vava Mario Yagalo gantikan Ismed Sofyan yang terlihat kelelahan.

Menit ke-84 Diego Assis lepaskan serangan mematikan sambil jungkir balik, ada sentuhan antara tangan sang pemain dan kiper hingga bola masuk gawang lawan. Wajar jika para pemain Persija terlihat beramai-ramai melakukan protes keras. Pertandingan tertahan sebentar dalam keadaan memanas. Skor 1-0 penuh tanda-tanya.

Sempat memanas, pemain Persija akhirnya mengalah dan mau teruskan pertandingan. Official memberikan tambahan waktu 7 menit! Hal ini sukses dimanfaatkan oleh tim tuan rumah. 11 meter tendangan Shohei Matsunaga sama sekali tak diblok gelandang lawan. Kiper Persija tak bisa menjangkau tendangan Shohei di menit ke 90+5 hingga skor jadi 2-0 yang jelas tak bisa dikejar oleh Persija.

Susunan Pemain :

Persija Jakarta (4-3-3): Daryono (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan).

Pelatih: Stefano Cugurra Teco.

 

Persela Lamongan (4-2-3-1): D. Kuswanto (kiper); Eky Taufik, Ahmad Birrul Walidain, Wallace Costa, Samsul Arifin (belakang); Subagja Baasith, Shohei Matsunaga, Fahmi Al Ayyubi, Diego Assis, Guntur Triaji (tengah); Loris Arnaud (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

 

 

 

Tinggalkan Balasan