Pertandingan Persija vsBarito Putera, Persija Kembali Menelan Pil Pahit di Kandang Lawan

Pertandingan Barito Putera vs Persija dalam lanjutan GoJek Liga 1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Rabu (30/5/2018) berakhir dengan skor 2-1. Dua gol Barito Putera masing-masing dicetak Dandi Maulana Abdulhak dan Paulo Sitanggang, sedangkan gol Persija lahir lewat sepakan Marko Simic.

Kedua tim memulai laga dengan berhati-hati. Hingga melewati 10 menit, hampir tak ada peluang matang tercipta.

Di menit ke-15 Barito Putera mendulang peluang. Dari luar kotak penalti, kapten tim Rizky Pora melepaskan tendangan spekulasi, tetapi bola menyamping dari sasaran.

Dua menit kemudian Persija merespons. Marko Simic memaksimalkan ruang tembak yang ada dengan sebuah tendangan ke arah gawang. Sayangnya bola hasil sepakan sang striker kelewat lemah dan mampu diamankan Dian Agus.

Tekanan Persija berlanjut pada menit ke-19. Berawal dari bola muntah hasil sapuan tak sempurna bek tuan rumah, dari sektor kiri kotak penalti Novri Setiawan menyambarnya lewat sebuah sepakan voli. Bola hasil tendangan Novri melambung kelewat tinggi dari sasaran. Gol urung tercipta.

Alih-alih unggul, Persija justru kebobolan lebih dulu. Pada menit ke-25, Barito Putera memimpin lewat gol Dandi Maulana Abdulhak. Berawal dari umpan tendangan bebas Rizky Pora, bola disambar Dandi dengan dorongan kaki dari depan gawang. Bola mengecoh Daryono yang terlanjur mati langkah dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Usai terciptanya gol tersebut, tempo pertandingan menurun drrastis. Peluang baru muncul pada menit ke-42. Persija mengancam lewat eksekusi tendangan bebas Jaimerson, namun arahnya melambung di atas gawang tuan rumah.

Tak ada gol tambahan tercipta di sisa waktu paruh pertama. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persija berupaya keras mengejar ketertinggalan. Sebuah umpan sepak pojok nyaris saja berujung gol. Namun bola hasil tandukan Jaimerson Xavier yang mengarah ke sudut kiri bawah dapat diblok penjaga gawang Dian Agus.

Kembali, di tengah upaya menekan, pada menit ke-63 gawang Persija yang dikawal Daryono justru kemasukan gol. Berawal dari tekanan dari sayap kanan, umpan cutback Nazar dituntaskan dengan baik oleh Paulo Sitanggang. Dari depan gawang, Paulo Sitanggang menyambar bola dengan sepakan kaki kanan. Bola kemudian mengarah ke tiang jauh dan menjadikan skor 2-0.

Sembilan menit jelang waktu normal usai, Barito Putera hampir menambah jarak keunggulan. Pablo Pino melakukan aksi individu yang dipungkasi dengan sepakan kaki kanan, tetapi hasilnya menyamping saja di kiri gawang.

Empat menit kemudian giliran Samsul Arif yang membuang peluang emas. Di sektor kiri kotak penalti, eks punggawa Persela itu melakukan aksi individu dan menuntaskan dengan sepakan keras. Sayangnya bola hasil sepakan Samsul melambung kelewat tinggi.

Persija sempat merespons di penghujung laga lewat tendangan bebas Marko Simic. Namun bola hasil eksekusi pemain asal Kroasia itu melebar dari gawang Dian Agus.

Pada injury time, Macan Kemayoran mendapat momentum. Pelanggaran yang dilakukan pemain tuan rumah di kotak terlarang membuat wasit memberikan hadiah tendangan penalti untuk Persija.

Marko Simic yang tampil sebagai eksekutor penalti menjalankan tugas dengan baik. Sepakannya ke sisi tengah bawah mengecoh Dian Agus, namun gagal membatalkan kemenangan tuan rumah. Skor akhir 2-1.

Susunan pemain Barito Putera vs Persija

Barito Putera: Dian Agus; Aaron Evans, Hansamu Yama, Dandi Maulana; Nazar, Gavin Kwan, Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Beroperay; Samsul Arif, Rizky Pora.

Cadangan: Adhitya Harlan, Ady Setiawan, Muhammd Rifqi, Firli, Fajar, Pablo Pino. TA Mushafry.

Persija Jakarta: Daryono; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa; Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Cadangan: Rizky Darmawan, Valentino Telaubun, Vava Yagalo, Asri Akbar, Frengki Kogoya, Nugroho, Bambang Pamungkas.

Tinggalkan Balasan