The Jakmania Solo, “Setelah Vakum, Melaju Jadi Biro”.

Siapa tak tahu Kota Solo? Wilayah yang cukup dekat dan bersahabat dengan Persija Jakarta. Tak sampai di Persija saja, Kota Solo kini pun dekat dan bersahabat dengan the Jakmania.

Berawal dari beberapa mahasiswa Jakarta yang berkuliah di Solo, akhirnya Biro Jakmania Solo pun terbentuk.  Pada dasarnya mereka adalah the Jakmania, sehingga dimana pun mereka berada identitas dan kebanggan sebagai the Jakmania terus ditonjolkan.

11 Maret 2008 berdirilah the Jakmania Solo sebagai komunitas pertama kali. Pemilihan tanggal 11 Maret rupanya bukan sembarangan karena mereka berkuliah di UNS (Universitas Sebelas Maret) sehingga mereka memilih tanggal tersebut.

Seiring dengan jalannya waktu, the Jakmania Solo juga mengalami pasang surut sehingga mereka sempat vakum lebih kurang 1 tahun. Namun tidak berlanjut lama, atas dasar kecintaan dan rasa bangga akhirnya the Jakmania Solo kembali menata roda internal dan dengan cepat melaju menjadi Biro.

26 Oktober 2019 the Jakmania Solo resmi menjadi Biro ke-6 dengan diketuai oleh Vinas. Saat ini the Jakmania Solo memiliki anggota aktif sebanyak 106 anggota.

Pada live yang berlangsung 15 Agustus 2021, Vinas mengatakan upaya melakukan kopdar keliling (sebelum pandemi) dinilai cukup efektif untuk menyatukan kembali the Jakmania Solo.

Biro Solo Raya sendiri mencangkup Karesidenan Surakarta meliputi daerah-daerah Kota Praja Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukowati (sekarang bernama Kabupaten Sragen), Kabupaten Wonogiri Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

Dengan wilayah yang sangat luas ini, menjadi salah satu target khusus the Jakmania Solo untuk menyatukan Karesidenan ini. Namun Vinas mengatakan, Ia tetap mendukung jika ada wilayah yang ingin berdiri menjadi Biro karena menurut Vinas nama the Jakmania harus lebih besar dan semakin menjadi besar.

Tinggalkan Balasan