Jadi Satu Bintang “Gendut Doni”

Gendut Doni Christiawan (Gendut memang nama asli beliau), adalah salah satu anggota tim Persija pada saat juara tahun 2001 yang beroperasi di lini depan bersama Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono dan yang lainnya.

Gendut Doni adalah lulusan Diklat Salatiga, Diklat yang juga meluluskan Bambang Pamungkas dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Pencapaian itu terbilang wajar, karena ia memang lahir dan besar di Salatiga. Di kota ini, ada Diklat Salatiga yang pernah menjadi kawah candradimuka pemain tim nasional junior selain Diklat Ragunan.

Sosok Gendut Doni mulai mencuat ketika ia membela tim pelajar Indonesia pada Asian Schools Championship di Malaysia 1996. Di ajang itu, selain membawa Indonesia meraih juara, Gendut Doni juga terpilih sebagai pemain terbaik.

Setelah lulus dari Diklat Salatiga pada tahun 1998, Gendut bergabung dengan PSIS Semarang, lalu ke Persijatim pada 1999, dan pada musim 2000 bergabung dengan Persija yang saat itu memang tengah gemar merekrut pemain tim nasional Indonesia.

Selama memperkuat Persija ini lah bisa dibilang Gendut mengalami masa keemasannya.  Di tim nasional Gendut berhasil menjadi top skorer AFF Cup tahun 2000 dan melaju sampai ke partai final walau pun di final dikalahkan oleh Thailand. Di Persija menjadi juara Indonesia untuk yang ke sepuluh kalinya dan juga berhasil memenangkan sebuah turnamen Internasional di Brunei.

Tinggalkan Balasan