Hasil Pertandingan Persija vs Persiraja

Persija Jakarta meraih kemenangan kedua pada BRI Liga 1 2021/2022 dengan menaklukkan Persiraja Banda Aceh 1-0 di Stadion Pakansari, Sabtu (2/10/2021).

Duel Persiraja vs Persija baru berjalan 11 menit ketika wasit Adi Riyanto menghentikan pertandingan. Laga ditunda karena hujan deras membuat lapangan tergenang dan permainan sulit berkembang. Setelah rehat hampir satu jam, partai kembali dimulai.  Setelah berlangsung sengit, Persija memastikan kemenangan melalui penalti Marko Simic (’70).  Tendangan 12 pas diberikan menyusul pelanggaran Muhammad Isa terhadap Alfriyanto Nico. Isa sendiri diganjar kartu merah akibat tekelnya yang terlalu tinggi.

Sejak peluit dibunyikan, Persiraja Banda Aceh selaku tuan rumah melakukan serangan intens ke arah Persija Jakarta. Peluang pun langsung didapat di menit ke-2.

Sayang permainan apik dari sisi kanan pertahanan Persija hanya berakhir tendangan gawang setelah bola sepakan Shori Murata hanya melambung tinggi. Dominasi pun ditunjukkan oleh Persiraja yang nampak nyaman bermain di bawah guyuran hujan. Berkali-kali bola daerah dilepaskan para pemain Laskar Rencong ke pertahanan Persija hingga laga memasuki menit ke-10.

Setelahnya permainan berjalan dengan tempo lambat menyusul buruknya kondisi lapangan Stadion Pakansari selama didera hujan. Nampak bola kerap berhenti dan sulit dikontrol oleh pemain. Pasca berdiskusi dengan kapten kedua kesebelasan, wasit pun mengambil keputusan permainan ditunda di menit ke-14 atau tepat pada pukul 18.29 WIB.

Setelah satu jam lebih terhenti, tepat pada pukul 19.33 pertandingan kembali dilanjutkan di menit ke-14 di mana Persija membuka pertandingan melalui sepak pojok. Melewati menit ke-20, Persiraja nampak mendominasi. Shori Murata hampir kembali membuka papan skor andai Adixi Lezivino tak melakukan penyelamatan gemilang. Peluang yang dibuat Persiraja pun mampu dibalas Marko Simic yang melakukan aksi akrobatik dan hampir membuka keunggulan untuk Persija.

Memasuki menit ke-30, Persija mencoba membuka keunggulan lewat situasi bola mati yang dieksekusi oleh Riko Simanjuntak dan Rezaldi Hehanusa. Memasuki 10 menit terakhir pertandingan, giliran Persija yang menguasai pertandingan berkali-kali melancarkan serangan ke pertahanan Persiraja. Di menit-menit akhir, intensitas pertandingan menurun seiring banyaknya pemain yang jatuh karena mengalami kram atau cedera saat berduel.  Hingga babak pertama usia, skor tetap 0-0 untuk Persiraja Banda Aceh dan Persija Jakarta.


Memulai babak kedua, Persija melakukan pergantian pemain. Alfriyanto Nico masuk menggantikan Doni Tri pamungkas.  Kendati begitu, pertandingan tetap berjalan dengan tempo yang tidak cepat layaknya babak pertama setelah laga dijeda.

Peluang emas didapatkan Laskar Rencong di menit ke-55 melalui aksi Defri Rizki, tapi masih bisa digagalkan kiper lawan Adixi Lenzivio.  Keberadaan Defri membuat sisi kanan serangan Persiraja lebih menonjol dalam mengancam pertahanan Macan Kemayoran. Sementara tim Ibu Kota, terus mengancam lawannya dengan pemain-pemain yang cepat seraya Riko Simanjuntak.

Kartu merah langsung diberikan wasit untuk Muhammad Isa pada menit ke-67 setelah melanggar Nico di dalam kotak penalti.  Ia menghentikan serangan Persija dengan mengangkat kaki terlalu tinggi dan menghantam wajah bagian bawah pemain lawan.  Marko Simic yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik di menit ke-70 dan Macan Kemayoran unggul 1-0.

Keunggulan skor dan jumlah pemain membuat Persija bermain lebih nyaman dengan mengatur tempo menguasai laga.  Tekanan demi tekanan juga dengan mudah dilancarkan tim asuhan Angelo Alessio, meski intensitas permainan masih lambat.

Dalam upaya mengejar ketertinggalan, pelatih Persiraja, Hendri Susilo, memasukan Redi Rusmawan dan Supriyadi.  Sementara Macan Kemayoran memasukan Ramdani Lestaluhu menggantikan Adrianus Dwiki yang cedera di injury time.

Peluang sempat diciptakan Laskar Rencong di penghujung laga yang berujung kemelut di mulut gawang, tapi Adixi masih sigap.  Hingga wasit meniup peluit panjang akhir pertandingan tak ada gol yang tercipta dan Persija menang 1-0 atas Persiraja.

Susunan Pemain Utama

Persiraja Banda Aceh (4-3-3): 

Fakrurrazi Quba; Leonardo Lelis, Muhammad Zamzani, Defri Rizki, Mohammad Rifaldi, Mukhlis Nakata (c), Ramadhan, Shori Murata, Vanja Markovic, Muhammad Isa, Paulo Hendrique;

Pelatih: Hendri Susilo

Persija Jakarta (3-4-3): 

Adixi Lenzivio; Adrianus Dwiki, Rezaldi Hehanussa, Maman Abdurahman (c), Marco Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Yann Motta, Dony Tri Pamungkas, Riko Simanjuntak, Marko Simic;

Pelatih: Angelo Aglessio

Tinggalkan Balasan