Hasil Pertandingan Persija vs Arema, 0-1

Persija Jakarta gagal memetik poin saat menghadapi Arema FC di laga lanjutan Liga 1 2021-2022 pada Minggu (17/10/2021) malam WIB. Persija tepatnya takluk 0-1 dari Arema meski tim berjuluk Singo Edan itu bermain dengan 10 pemain sejak menit 68. Bermain di Stadion Manahan, Solo, pertandingan berjalan sengit untuk kedua tim. Namun, Arema bermain efektif sehingga berhasil menang pada laga tersebut.

Kedua tim langsung mencoba tampil mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama. Kedua tim tampil terbuka. Namun, peluang pertama didapatkan oleh Persija pada menit ke-9 melalui Marko Simic simic mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Arema. Tetapi, sepakan Riko Simanjuntak masih diblok pemain bertahan Arema. Tak berselang lama Arema membalas serangan pada menit ke-12 usai striker anyar mereka yakni Carlos Fortes melakukan sepakan keras dai luar kotak penalti. sayangnya, tendangannya masih berhasil diblok pertahanan Persija.

Setelah peluang tersebut, kedua tim saling jual-beli serangan. Sehingga laga berjalan ketat di area tengah lapangan. Sementara, Persija mulai memainkan bola panjang hingga menit ke-20. Pada menit ke-29 Persija memiliki peluang berbahaya kedua melalui bek kirinya yakni Rezaldi Hehanusa. Berniat mengirimkan umpan ke kotak penalti Arema namun, justru langsung melakukan tembakan ke arah gawang yang di jaga Adilson Santos. Sayangnya sepakannya tersebut masih bisa diamankan. Berselang empat menit kemudian akhirnya Arema unggul lebih dulu atas Persija melalui gol yang di cetak oleh Carlos Fortesdi menit 33. Sepakan melengkunya di luar kotak penalti membuat kiper Andritany Ardhiansyah tak bisa mengantisipasi bola yang masuk ke gawangnya tersebut.

Menjelang berakhirnya babak pertama berakhir, kedua tim belum lagi menciptakan peluang berbahaya. Alhasil babak pertama ditutup untuk keunggulan sementara Arema dengan skor 1-0.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Arema FC memasukan Kushedya Hari Yudo dengan menggantikan Ridwan Tawainela.  Dalam kondisi yang masih hujan, Persija melanjutkan dominasi penguasaan bola dan terus melancarkan serangan demi serangan.  Seiring dengan banyaknya tekanan yang diberikan Macan Kemayoran, para pemain bertahan Singo Edan mulai unjuk gigi.

Permainan solid ditunjukkan tim asuhan Eduardo Almeida dalam menjaga pertahanan, terus mementahkan berbagai serangan lawan.  Pergantian pemain kembali dilakukan oleh Arema FC, yakni pada menit ke-58, menggantikan Muhammad Rafli dengan Jayus Hariono.  Pada menit ke-65, saat gelombang serangan Persija terus mengalami kebuntuan, Singo Edan memasukan Dedik Setiawan dan menarik Hanif Sjahbandi.

Memasuki pertengahan babak kedua, anak-anak asuh Angelo Alessio terus mengalami kesulitan dalam membongkar pertahanan lawan.  Arema FC harus bermain dengan 10 orang, sebab Kushedya yang baru masuk mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-68.

Keunggulan jumlah pemain langsung direspons Macan Kemayoran dengan mengganti Adrianus Dwiki dengan Muhammad Fajar.  Otavio Dutra nyaris menyamakan skor saat menyambar bola hasil sepak pojok di menit ke-75. Tapi Adilson Maringa sangat baik menepis bola.  Kondisi 10 lawan 11 pemain memang membuat Singo Edan terus dikurung di pertahanan, sambil sesekali mengancam lewat serangan balik.

Angelo Alessio memasukkan Ramdani Lestaluhu dan Doni Tri Pamungkas mengganti Nico dan Maman Abdurahman di menit ke-78.  Semenit berselang kesempatan menyamakan skor kembali didapatkan dan kembali bermula dari bola mati, tapi Maringa masih tampil hebat menggagalkannya. 

Pada menit ke-82 kombinasi Dedik dan Fortes sempat mengancam lewat serangan balik, tapi bola masih jatuh di pelukan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.  Di menit ke-88, Arema FC menggantikan Fortes dengan Diego Michiels. Macan Kemayoran menukan Ilham Rio Fahmi dengan Muhammad Ferarri.  Pada waktu yang tersisa, Persija terus melancarkan gelombang serangan dan lawannya praktis hanya terus tampil bertahan.

Simic berhasil menceploskan bola ke dalam gawang lawan saat injury time, tapi tak dianggap gol karena wasit menilai ada pelanggaran lebih dulu.  Hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan, tak ada gol yang tercipta dan Singo Edang menang 1-0 atas Persija.

Setelah pertandingan, Angelo Alessio menyoroti keputusan wasit yang dinilai tidak adil dalam mengambil keputusan.  “Pertama-tama yang perlu digaris bawahi yakni, kami tidak perlu mendapatkan bantuan dari wasit. Kami hanya ingin wasit memimpin secara adil,” kata pelatih asal Italia itu.  “Pada babak pertama, seharusnya kami mendapatkan penalti. Kemudian, pada babak kedua, gol dari Simic itu adalah sah karena Simic menyentuh bola lebih dulu sebelum bertabrakan dengan kiper.”

“Saya sudah lihat videonya. Kemudian, dari banyaknya kejadian di lapangan yang membuat pertandingan berhenti, tambahan waktu hanya tiga menit,” ia menjelaskan.

Susunan Pemain Utama

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Maman Abdurahman, Yann Motta, Otavio Dutra, Rezaldi Hehanussa, Tony Sucipto, Adrianus Dwiki, Ilham Rio Fahmi, Alfriyanto Nico, Marko Simic, Riko Simanjuntak;
Pelatih: Angelo Alessio

Arema FC: Adilson Maringa; Rizky Dwi Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi, Johan Farizi, Hanif Sjahbandi, Ridwan Tawainela, Renshi Yamaguchi, Dendi Santoso, Carlos Fortes, Muhammad Rafli;
Pelatih: Eduardo Almeida

Tinggalkan Balasan